Hello world

Ya, hello world..
Okay, ini yang ku ucapkan pada blog pertamaku ini, dengan blog ini kedepan akan memuat tulisan dengan inspirasi apa yang ada dalam pikiran ku yang memungkinkan kumuat disini. terkadang ada inspirasi untuk menulis sesuatu, tapi ya itu tadi karna saya orangnya agak pemalas jadi ya kadang hanya hilang di anggan-anggan juga. maka dari itu dibuatlah blog ini buat sarana sharing & mengendalikan pemalas yang ada dihidup ini.. :D oh iya, untuk kedepanya blog ini akan saya bawa sharing tentang ilmu komputer. sebetulnya sebelumnya saya sudah punya blog pribadi, tapi disono hasil dari copas dari blog & website orang juga sih, jadi walau keren ya merasa bukan seperti hasil karya sendiri.

Okay sudah dulu ya intermezzonya, kembali ke topik utama..

Sebenarnya ucapan ini (hello world) sering digunakan untuk pertama kali menampilkan sesuatu yang baru dimulai pada dunia pemrogramman. dan cara kerjanya pun simple, kita tinggal menampilkan kalimat “hello world” pada tampilan layar desktop tentunya dengan syntak bahasa pemrograman yang dimaksud. bisa dibilang ini sebagai tradisi untuk memulai bahasa pemrogramman untuk memulai suatu bahasa itu.

Sebetulnya didalam pemanggilan ini tidak harus menggunakan kata “Hello world” saja, kita boleh menggunakan kata-kata lain, misalnya “Hello mas paijo“, “Hello pak dosen” bahkan menampilkan tulisan “h3L0 Tw4y4nK, 1nH1 pRgr4m per1 kHu lHo” juga bisa, tapi yang terakhir ini tidak disarankan, walaupun itu bisa.. :D Simple khan, untuk pertama memang cuma menampilkan tulisan itu pada layar desktop. tapi untuk selanjutnya kita harus mempelajari juga bagaimana menginputkan dari keyboard, menampiklan ulang hasil yang di imputkan, memproses hasil inputan, dll.

Contoh penulisan menggunakan salah satu bahasa pemrogramman java..

coding

Dan hasil dari compile tersebut seperti ini :D

termilal

Pada baris ke 4 di situ terlihat bahwa programm yang telah dicompile tersebut telah berhasil menampilkan apa yang kita inggin tampilkan. Sebetulnya ada yang harus saya sampaikan arti dari tulisan berkode (Baca : syntax) tersebut. tapi ya karna topik yang saya unggah disini tentang tampilan hello world mungkin topik berikutnya akan saya jelaskan. :)

Untuk penulisan ini ada 2 cara untuk mengcompile (mengesekusi)

  1. Dengan menggunakan IDE
  2. Dengan menggunakan Editor

Lha yang saya pake diatas masih menggunakan cara nomer 2, yaitu dengan Editor. tapi sebelumnya kita harus setting pacth nya terlebih dahulu. Contoh Editor itu kaya Notpad, Notpat++, Geany, dll. bahkan kalo mau pake Microsoft word nga’ papa, asalkan waktu nyimpen nya pake .java bukan .doc :D

Kalo mau pake IDE (Integrated Development Environment) malah mudah lagi, kita tinggal ketik trus compile langsung deh tampa perantara command prompt atau terminal lagi. IDE itu sebetulnya itu sebuah gabungan dari editor, debuger, linker, compiler, enterprenter, dll. fungsinya hanya untuk mempermudah developer untuk mengembangkan applikasinya. contoh nya kaya Eclipce, Netbeans, CodeBlocks, dll :)

Mungkin segitu dulu dari saya tentang Hello world kali ini dan salam kenal semuanya :D

About these ads
About

Orang dungu yang tak kunjung pandai

Tagged with: ,
Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Recent Posts
Recent Comments
Archives
Categories
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: